You are here
Budaya Nasional News 

Peringati sumpah pemuda, gelar konser Rhapsody Nusantara di Solo

SOLO – 26 Oktober 2022 – Sumpah Pemuda pada 94 tahun lalu merupakan ikrar pemuda dan pemudi bahwa bangsa, tanah air, dan bahasa kita adalah satu Indonesia. Inilah tonggak kesadaran yang satu, menuju Indonesia Merdeka. Pertemuan-pertemuan para pemuda yang berkulminasi dalam peristiwa pada tanggal 28 Oktober 1928 yang kemudian disebut Sumpah Pemuda, mengandung dua semangat perlunya persatuan, dan pentingnya emansipasi wanita.

 

Kedua semangat itulah yang hendak ditampilkan dalam sebuah pertunjukan yang kami namakan dengan Rhapsody Nusantara, sebuah kolaborasi oleh sejumlah performer ternama yang meliputi bidang: musik, tari, dan puisi. Performer yang akan ikut serta diantaranya adalah penata musik Singgih Sanjaya beserta orkestra miliknya, musisi Dira Sugandi, David Bayu, Daniel Kristianto, Sruti Respati, Kenny Gabriel, Michael Jakarimilena, kelompok Gamelan Soepra Loyola, Kolintang Gratia, Voca Erudita, Filda Wibowo, Melati Arumsari, Dewi Pembayun, Ekosdance, dan beberapa pelaku seni dari Kota Solo yang terlibat.

 

Rhapsody Nusantara menghadirkan kembali semangat sumpah pemuda Persatuan dan Emansipasi Wanita- melalui “Bahasa masa kini. Wahyu Sardono selaku budayawan mengungkapkan kegiatan ini memiliki tujuan khusus bagaimana membangkitkan kembali semangat serta nilai-nilai sumpah pemuda itu sendiri “Diharapkan dengan adanya acara Rhapsody Nusantara di tahun 2022 ini, mampu menyelaraskan semangat sumpah pemuda kepada seluruh hadirin yang menyaksikan.”

 

Bertempat di Diamond Solo Convention Center, konser Rhapsody Nusantara akan diselenggarakan bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2022 dan akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Menurut informasi pada saat ini, penyelenggaraan akan dihadiri kurang lebih 1.000 penonton. Rhapsody Nusantara terbuka untuk umum dan gratis bagi masyarakat yang ingin menyaksikan. Tiket telah dibuka pada tanggal 18 Oktober 2022 dan habis melalui kanal pemesanan tiket dalam waktu 2 hari. Hal tersebut membuktikan adanya antusias yang luar biasa dari Masyarakat Solo dan sekitarnya.

 

Konser Rhapsody Nusantara diharapkan mampu membawa kembali semangat sumpah.

 

pemuda dan semangat itulah yang membawa kita semua menuju “Indonesia Maju”.

Related posts

Leave a Comment