You are here
Kuliner 

Pesona Sate Ayam Ponorogo

img_0346

PONOROGO (LN)- Di kota Ponorogo sangat disayangkan apabila tidak menikmati sate ayam yang merupakan makanan khas di kota ini dan telah popular di berbagai kota diseluruh Indonesia. Ada beberapa pusat sate di ponorogo yaitu jalan lawu gang 1 atau biasanya disebut gang sate (penerus sate Sobikun), pertigaan Ngepos (umumnya berasal dari Desa Purbosuman, penerus Sate Bagong)  dan Setono (salah satu desa diponorogo).

Kita coba menikmati sate yang berada di gang sate, yaitu sate ayam H. Tukri Sobikun, hampir semua penjual sate di gang ini memakai embel-embel nama Sobikun. P. Sobikun memang terkenal sebagai tokoh penjual sate di Ponorogo selain p. Bagong dan p. Siboen.

Sate Ayam Ponogoro memiliki kekhasan yaitu selalu menggunakan ayam kampung asli, tusuk satenya menggunakan lidi, dan dagingnya ayamnya sudah berasa gurih/manis walaupun tanpa bumbu dan biasanya dimakan dengan lontong/kupat. Dan yang paling istimewa bila anda membeli untuk dibawa pulang, bumbu satenya diberikan dalam kondisi kering, jadi mirip bumbu pecel/gado-gado. Rasa bumbunya manis dan sedikit pedas.

Sate Ayam H. Tukri Sobikun ini cukup terkenal, bahkan presiden SBY sempat makan di tempat ini. Hal ini bisa dilihat di foto-foto yang dipajang di tempat ini.

Apabila melihat bumbu yang diletakkan di bak yang cukup besar, bisa dibayangkan berapa banyak sate yang terjual sehari. Dan uniknya sate dibungkus dengan menggunakan besek yang katanya bisa tahan sampai 3 hari. Yang pasti sate ayam disini memang cukup enak dan empuk serta besar-besar ukurannya. Dan yang menggembirakan adalah bumbunya disediakan dalam mangkok sehingga rasanya tidak mungkin kekurangan bumbu. Demikian juga irisan brambang juga disediakan dalam mangkok tersendiri.

Untuk menuju lokasi ini, apabila anda berada di Jalan Ahmad Dahlan, carilah apotik Bakti dan diseberang apotik ini ada Indomaret yang mana disebelahnya ada gang yaitu gang lawu. Masuk ke gang ini kemudian setelah melewati gang wilis cari sebuah masjid dan didepan masjid ini ada gapura merah yang tertuliskan selamat datang di gang sate. Masuk ke gang ini kira-kira 100 m disebelah kiri. Walaupun menggunakan mobil jangan kuatir untuk tetap masuk ke gang ini karena area parkir di warung ini cukup luas.

 

Sate Ayam H. Tukri Sobikun

Jl. Lawu Gg 1 No 43 K Nologaten, Ponorogo

(0352) 482362, 0813 5995 0273

Buka 24 Jam

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment