You are here
Kesehatan Nasional News 

Hand Sanitizer langka siswa-siswi SMK Citra Nusantara membuat sendiri

KLATEN (LN) – Mulai merebaknya virus corona di Indoesia membuat sejumlah komoditas seperti masker dan hand sanitizer menjadi langka di pasaran. Seperti halnya di Solo Raya Jawa Tengah.

Namun, di tengah langkanya produk itu, siswa-siswi SMK Citra Nusantara Ceper Klaten Jawa Tengah ini berkreasi dan membuat sendiri hand sanitzernya untuk kebutuhan sehari-hari. Berbekal ilmu yang dipelajari di sekolah, siswa tampak lihai meracik bahan hand sanitizer tersebut.

Wakil Kepala sekolah bidang humas SMK Citra Nusantara Agus Nur Efendi mengatakan, siswa-siswinya memang diajarkan pembuatan sanitizer dan meracik minuman jahe untuk menambah daya tahan tubuh, yang saat ini sangat merebak virus COVID-19.

Untuk bahan membuat hand sanitizer, lanjutnya, merupakan bahan yang cukup tersedia di pasaran. Seperti alkohol, aloe vera atau lidah buaya dan daun sirih.

“Bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah, dan cara pembuatannya juga tidak sulit, siswa-siswi SMK Citra Nusantara sangat mahir dalam pembuatan hand sanitizer ini,”katanya.

Hanya dalam hal ini, pihaknya melakukan sebuah improvisasi. Di mana cairan alkohol diganti dengan menggunakan ekstrak daun sirih sehingga bahan yang digunakan adalah bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia namun kasiat ekstrak daun sirih mampu membunuh kuman.

“Awalnya kami membuat hand sanitizer dengan bahan alkohol namun saat ini alkohol juga sudah mulai sulit maka kami melakukan improvisasi dengan menggunakan ekstrak daun sirih, disamping itu bahan alami lebih aman dan mampu membasmi kuman,” ungkapnya.

SMK Citra Nusantara Ceper Klaten Jawa Tengah, memproduksi hand sanitizer hanya untuk kalangan sekolah dan kalangan keluarga siswa, adapun permintaan dari sekolah lain atau masyarakat ada namun dibatasi karena terkait ijin dengan Dinas Kesehatan ataupun Kementerian Kesehatan sedang dalam proses.

Related posts

Leave a Comment