You are here
Ekonomi dan Bisnis News 

Menteri Pertanian gelar operasi di pasar gede solo

SOLO (LN) -Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo gelar operasi di Pasar Gede Surakarta Jawa Tengah, Dalam operasi pasar tersebut, Kementan bersama Perhimpunan Pelaku Usaha Bawang Putih dan Sayuran Indonesia (Pusbarindo) memasok bawang putih sebanyak 12 ton dengan harga Rp30 ribu per kg, 5 ton cabai rawit merah seharga Rp35.000 per kg dan 5 ton cabai merah keriting dengan harga Rp30.000 per kg.

“Yang saat ini bawang putih harganya Rp30.000 tiba-tiba naik menjadi Rp70.000 per kg. Hanya karena tadi beritanya bahwa besok tidak ada bawang putih karena ada (virus) corona,” kata Mentan Syahrul pada Operasi Pasar di Pasar Gede, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis.

Sampai saat ini virus Corona bisa terselesaikan namun Mentan menghibau agar tidak termakan oleh berita bohong yang saat ini terjadi kenaikan bawang putih hingga Rp 70.000 per kg, yang sebenarnya harga masih stabil di angka RP 30.000 per kg.

Oleh karena itu, ia meminta tidak perlu ada kepanikan, mengingat stok bawang putih saat ini mencapai 84.000-120.000 ton. Selain itu, sejumlah wilayah sudah mulai memasuki masa panen, seperti di Temanggung pada Maret mendatang.

Ada pun operasi Pasar di Solo Raya ini dilakukan secara serentak di lima pasar, yakni pasar Gede, Pasar Rusukan, Pasar Ledoksari, Pasar Harjodaksino dan Pasar Gading.

“Selain itu virus Corona hanya lewat binatang tidak termasuk pertanian dan hortikultura maka tidak menjadi masalah untuk impor bawang dari China seandainya impor dari China bermasalah kita tidak kwatir karena masih bisa impor dari India ataupun dari Amerika,” Ungkapnya.

Related posts

Leave a Comment