You are here
Budaya News 

Mengenal Keraton Kasultanan Pajang, merupakan cikal bakal kerajaan Mataram

Reprter: Nurul Efendi                                                    Editor: Muhammad Zain

SUKOHARJO (LN) – Keraton Pajang merupakan cikal bakal Dinasti Mataram. Berawal dari sebuah kerajaan kecil yang konon sudah ada sejak abad ke-14 di bawah kekuasaan Majapahit. Memiliki letak di pinggiran Sungai Bengawan Solo.

Saat ini hanya ditemukan petilasan Keraton Kasultanan Pajang yang terletak di Desa Sanggrahan, Kelurahan Makam Haji, Sukoharjo Jawa Tengah.

Pada petilasan ini tertentu ramai dikunjungi sekelompok orang dari berbagai daerah. Kedatangan mereka yang tidak hanya mengenal sejarah saja namun ada juga yang berdoa di petilasan tersebut.

Namun sangat disayangkan karena faktor kondisi yang tidak terawat menjadikan petilasan tersebut seolah terabaikan.

Menurut Slamet Riyadi, pemerhati Keraton Pajang, sebagai situs peninggalan budaya, Keraton Pajang, harus dilestarikan. Karena Pajang, merupakan cikal bakal hadirnya kerajaan Mataram.

“Sangat disayangkan kalau sampai tidak terawat, karena ini merupakan suatu sejarah yang patut diperhatikan dan dilestarikan,”ungkapnya.

Sudah banyak wisatawan yang berkunjung di Keraton Pajang dari berbagai wilayah bahkan ada yang dari mancanegara, Mereka ingin melihat langsung peninggalan-peninggalan Kerajaan Pajang, yang memiliki massa pemerintahan singkat 1549-1582 dengan raja Sultan Hadiwijaya atau Raden Mas Karebet atau Joko Tingkir.

Slamet Riyadi sebagai pemerhati Keraton pajang mengatakan terakhir di benahi pada tahun 1993 sudah sekitar 26 tahun yang lalu, Sejak itu, kini baru kembali dilakukan perbaikan lagi.

Karena keterbatasan dana, maka prioritas perbaikan baru seputar tembok, paving, dan gapura.

“Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, diharapkan memberikan perhatiannya.Hal itu penting, karena menyangkut peninggalan budaya yang harus dilestarikan,” pangkasnya

Related posts

Leave a Comment