You are here
Nasional News Politik 

Penetapan 15 miliar menjadi anggaran Pilwalkot 2020

Reprter: Nurul Efendi

Editor: Muhammad Zain

SOLO (LN) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo adakan sosialisasi kepada pihak terkait yang digelarnya di hotel Grand Hap Solo untuk keperluan pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020 mendatang, Sabtu 23/11/19.

Hadir dalam sosialisasi antara lain dari pihak Kepolisian, TNI, Perwakilan partai politik, berbagai Ormas dan perwakilan calon perseorangan.

Kesepakatan anggaran pemilihan Wali Kota Solo Yang beberapa waktu yang lalu KPU Solo diundang Pemkot Solo di Balai Kota untuk penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Dana tersebut dianggarakan KPU Solo untuk melalui semua tahapan Pilwalkot 2020 mendatang.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti menerangkan besar anggaran yang dihibahkan untuk keperluan pemilihan Wali Kota Solo sebanyak 15 miliar yang awalnya diusulkan sebanyak 17,5 miliar.

“Anggaran yang kita terima nanti 15 miliar, dan saat ini sudah diterima 300juta, anggaran tersebut bisa dikeluarkan bertahap maupun langsung itu tergantung kita yang mengelola,”katanya.

Kemudian Nurul Sutarti menambahkan berbagai macam tahapan yang harus ditempuh untuk Pemilihan Wali Kota Solo ini.

“Ada 15 tahapan dalam Pilwalkot 2020,” imbuhnya.

Sebanyak 15 tahapan Pilkada itu antara lain, perencanaan program dan anggaran, penyusunan regulasi, sosialisasi dan partisipasi masyarakat, pembentukan badan penyelenggaraan ad hock(PPK/PPS/KPPS), pemutakhiran data pemilih, verifikasi Paslon perseorangan.

Kemudian pencalonan, kampanye, audit dana kampanye, pemungutan suara, rekapitulasi dan penetapan Paslon, perselisihan hasil Pemilu (sengketa hukum), pengadaan barang dan distribusi logistik, evaluasi dan penyusunan laporan serta pengelolaan keuangan dan operasional perkantoran.

Related posts

Leave a Comment