You are here
Budaya News Pendidikan 

UNIBA Surakarta Delegasikan Mahasiswa Untuk Program Cultural Exchange Student-UTeM Malaysia 2019

Reprter: Nurul Efendi

Editor: Muhammad Zain

SOLO (LN) – Universitas Islam Batik (UNIBA) Surkarta akan melepaskan delegasi ke UTeM Malaysia. Para delegasi tersebut merupakan delegasi yang dikirimkan oleh UNIBA Surakarta untuk Program Cultural Exchange Student yang diselenggarakan oleh UTeM Malaysia, Sebanyak 15 delegasi di lepas pada siang Jumat ini.

Pengiriman delegasi pada Program Cultural Exchange Student yang diadakan oleh UTeM Malaysia ini merupakan bentuk implementasi kerjasama dengan institusi pendidikan Luar Negeri antara UNIBA Surakarta dengan UTeM Malaysia. Program ini merupakan program tahun ke dua, setelah sebelumnya UNIBA Surakarta juga mengirimkan delegasi untuk program Student Exchange ke UTeM Malaysia pada tahun 2018.
Pada tahun ini, tahun 2019 UNIBA menggandeng sejumlah institusi rekanan UNIBA Surakarta untuk turut berpartisipasi dalam program ini. Adapun rekanan-rekanan tersebut adalah SMA Batik 1 Surakarta, SMA Batik 2 Surakarta, SMK Batik 2 Surakarta, dan STIE Surakarta.
Program tersebut akan diselenggarakan selama 8 hari, yaitu mulai tanggal 27 Oktober hingga 4 November 2019.
Pada pelepasan delegasi ke UTeM Supawi Pawenang selaku Wakil Rektor memaparkan, “Program tersebut meliputi bidang pendidikan dan kebudayaan. Selain bidang pendidikan dan kebudayaan, para peserta Program Cultural Exchange Student 2019 ini akan diajak untuk mempelajari kondisi sosial serta sistem-sistem sosial di Malaysia. Sehingga para delegasi akan diajak terjun ke masyarakat untuk lebih memahami struktur, sistem, serta kebudayaan masyarakat di sana secara lebih riil,” ujarnya.
Selain itu, mahasiswa juga diharapkan memiliki pemikiran-pemikiran terbuka. Pemikiran terbuka saat ini adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap lulusan. Melalui pemikiran yang terbuka maka ide gagasan untuk perubahan yang lebih baik akan dapat terwujud, serta transfer knowledge juga akan lebih mudah terjadi. Maka tidak menutup kemungkinan, para mahasiswa ini di masa depan dapat memberikan solusi-solusi atas permasalahan yang ada.

Related posts

Leave a Comment