You are here
Bencana News 

Malang diguncang gempa 5,2 magnitudo

MALANG ( LN) – Gempa bumi berkekuatan 5,6 skala richter mengguncang wilayah Kabupaten Malang, pada Selasa dini hari, 19 Februari 2019. Guncangan gempa bumi pertama kali dirasakan pada pukul 02.30 WIB.

“Setelah dimutakhir dari 5,9 gempa bumi menjadi 5,6 skala richter. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,67 LS dan 112,74 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 170 kilometer arah selatan Kepanjen, Kabupaten Malang, pada kedalaman 42 kilometer,” kata Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Musripan.

Guncangan gempa bumi ini juga dirasakan hingga daerah Lumajang, Blitar, bahkan hingga Bali. Sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. BMKG memastikan gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 03.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sebanyak 12 kali. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutur Musripan.

Related posts

Leave a Comment