You are here
Olahraga 

Eduard Tjong Pelatih Timnas U-19

pelatih eduard-tjong_20141111_113450

PSSI akhirnya memutuskan untuk menunjuk Eduard Tjong sebagai pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-19. Itu berdasarkan rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di kantor PSSI, kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat (15/7) petang.

Pelatih yang akrab disapa Edu itu pun diundang dalam rapat tersebut untuk memberikan presentasinya terkait program yang bakal diterapkannya untuk tim Garuda Muda. Sebelumnya, PSSI memang kesulitan untuk mencari pelatih timnas U-19.

Pasalnya, Fakhri Husaini yang sebelumnya diputuskan menjadi pelatih, memilih menolak tawaran tersebut. Para pelatih yang sempat diproyeksikan untuk menjadi pelatih timnas Indonesia seperti Nilmaizar, Rahmad Darmawan, dan Indra Sjafri juga memilih tak menerima tawaran melatih timnas U-19.

Setelah berbagai pertimbangan, PSSI akhirnya menjatuhkan pilihannya kepada Edu, yang sudah didepak PS TNI. Edu sendiri didepak lantaran gagal membawa PS TNI berprestasi di pentas Indonesia Soccer Championship A.

“Coach (Eduard Tjong) mempunyai latar belakang yang baik di pembinaan usia muda. Dia juga mempunyai akademi di Solo dan juga pernah menjadi pemain timnas. Selain itu, dia juga dibesarkan oleh keluarga yang kental dengan sepakbola,” kata Azwan Karim, sekjen PSSI dalam jumpa pers.

“Saya berterima kasih diberi kepercayaan menjadi pelatih timnas U-19,” timpal Edu.

Seperti diketahui, timnas U-19 memang akan diterjunkan pada ajang Piala AFF U-19 2016 di Vietnam, 11-24 September mendatang. Tentunya, masa persiapan yang dimiliki oleh Edu untuk mempersiapkan tim sangat mepet.

Ajang tersebut akan diikuti 11 tim. Indonesia tergabung di grup B bersama Thailand, Laos, Myanmar, Australia, dan Kamboja.

Related posts

Leave a Comment