You are here
News Pendidikan 

Solo menjadi tempat pertemuan Forum Dekan AIPKI sejumlah topik akan dibahas

SOLO – Beberapa topik penting dibahas dalam pertemuan Fakultas Dekan Asosiasi Institusitut Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI). Akan dihadiri 92 Fakultas kedokteran di Indonesia.

Sebuah sistem yang bernama Academic Health System (AHS) akan melengkapi proses pendidikan kedokteran spesialis yang saat ini sedang berjalan. AHS merupakan konsep yang mengintegrasikan pendidikan dan pelayanan kesehatan melalui kerja sama peningkatan layanan kesehatan. Konsep ini didorong untuk mengembangkan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif di layanan primer dan tersier. Peran ini perlu dukungan dari pemerintah.

Ketua AIPKI Prof Budi Santoso menyebut, salah satu topik hangat yang akan dibahas adalah kebijakan Kemenkes yang memiliki wacana untuk memiliki program pendidikan spesialis berbasis Rumah Sakit (RS).

“Jadi, diwacanakan akan ada pendidikan spesialis yang dikelola oleh universitas dan rumah sakit. Artinya, dalam mewujudkan hal tersebut, para rumah sakit harus mengubah regulasi karena dalam UU tentang Pendidikan Kedokteran Tahun 2013, pelaksanaan pendidikan spesialis harus ada di institusi pendidikan,” kata Budi Santoso.

Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari mulai hari jumat 27/1/2023 Prof Reviono menjelaskan rangkaian kegiatan dilaksanakan di Hotel Sunan Solo, acara dibagi menjadi tiga sesi, sesi yang pertama dan kedua bisa dihadiri untuk umum kemudian sesi ketiga untuk intern.

Related posts

Leave a Comment