You are here
Nasional News 

Munas HIPMI XVII digelar 21-23 di Solo Jawa Tengah, Presiden Jokowi dipastikan hadir

SOLO – Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas HIPMI) ke XVII akan digelar di Hotel Alila Solo pada 21-23 November 2022.

Ketua Organizing Committee (OC) Munas HIPMI XVII, Muhammad Ali Affandi mengatakan agenda Munas XVII nantinya adalah menentukan Ketua Umum BPP HIPMI periode 2022-2025. Selain itu, merumuskan program ke depan, dan penyampaian laporan pertanggungjawab dari pengurus BPP HIPMI sebelumnya.

Ali memastikan acara tersebut bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Arahan dari kepala negara, menurut dia, akan dijadikan acuan bagi HIPMI untuk melangkah ke depan.

“(Agenda Munas XVII menentukan) nahkoda baru untuk HIPMI tahun 2022-2025. Kami akan menerima arahan dari Pak Jokowi. Kami akan sesuaikan arahan tersebut untuk dirumuskan dalam program kerja nyata,” jelas Ali saat konferensi pers di Balai Kota Solo, Senin (14/11/2022).

Diungkapkan Ali, persiapan Munas XVII di Solo ini tergolong singkat. Namun, ia yakin penyelenggaraan Munas pekan depan bisa berjalan dengan baik berkat dukungan dari berbagai pihak.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Wali Kota Solo (Gibran Rakabuming Raka) karena bisa dibilang Munas Solo ini merupakan Munas tersingkat persiapannya, tapi kami yakin dengan dukungan seluruh, pihak terutama Wali Kota,” tutur Ali.

“Tadi Mas Wali sangat open sekali, memberitahu kira-kira apa yang bisa dibantu,” sambungnya.

Ketua Steering Committee (SC) Munas HIPMI XVII, Dede Indra Permana menambahkan, Kota Solo dipilih sebagai lokasi gelaran Munas karena pembangunannya yang progresif. Di lain hal, budaya Jawa di Solo yang kental diyakini bisa membuat HIPMI mawas diri, sehingga lebih berhati-hati dalam mengarungi masa depan.

“Mas Wali (Gibran) menjadi pembina kita semuanya supaya pelaksanaan Munas ini bisa berjalan lancar, kondusif, dan aman. Kepada semua kandidat (Ketua Umum), kita berharap ikut menjaga kelestarian budaya yang ada di Kota Solo,” ujar Dede.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendukung penuh gelaran Munas HIPMI XVII di Solo. Kendati nyaris berbarengan dengan Muktamar Muhammadiyah ke-48, yakni 18-20 November, bagi Gibran, hal itu bukan masalah berarti.

“Bisa diatur. Totalnya ini kan cuma 1500 (peserta Munas). Nanti tantangannya justru (dalam hal) mencari akomodasi. Yang lain aman,” pungkas Gibran.

Diketahui, tiga kandidat calon Ketua Umum BPP HIPMI yang telah lolos verifikasi adalah Anggawira, Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI; Akbar Himawan Buchari, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI; dan Bagas Adhadirgha, Sekretaris Jenderal BPP HIPMI.

Munas XVII HIPMI nantinya juga diwarnai dengan forum dialog yang diisi oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai tokoh muda, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Ketua KADIN Arsjad Rasjid.

Related posts

Leave a Comment