You are here
Budaya Nasional News 

Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta (LDA) Peringati surud dalem PB XII.

SOLO – Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta (LDA) menggelar selamatan haul atau peringatan wafatnya Pakoe Buwana (PB) XII, di sitihinggil keraton Surakarta sabtu, 12/11/2022.
Sekitar 800san abdi dalem dan perwakilan paguyuban kawulo keraton surakarta (pokoso) dari sejumlah daerah di jawa tengah dan jawa timur, serta pengurus makam keraton surakarta di Pati, Grobokan,dan Ponorogo hadir di haul yang ke 15 ini.
Ketua lembaga dewan adat (LDA) GKR Koes Moertiyah Wandansari atau Gusti Moeng mengatakan, haul ini diselenggarakan dengan doa bersama, serta tahlil dan dzikir untuk arwah sinuhun PB XII.
“Selain itu, doa dan harapan agar setelah haul ini, keraton kembali bersatu, dijauhkan dari orang orang yang berusaha merusak keraton, yaitu orang orang yang ada di keraton tapi meninggalkan aturan aturan adat (paugran) keraton”, ujarnya.
Gusti moeng menambahkan, haul ini juga sebagai pengingat akan nilai nilai ketauladanan PB selama dia Memimpin.
“PB XII adalah raja yang pertama  menggabungkan wilayah kerajaan dengan negara kesatuan Republik Indonesia, serta ikut berjuang bersama masyarakat dalam melawan penjajah”.
Banyak penghargaan yang didapatkan PB XII diantaranya bintang gerilya 45 dan ikut aktif dalam perdamaian di perang dunia pertama dan perang dunia Kedua, hingga dianugrahi penghargaan sebagai bapak perdamaian dunia.
Atas kiprah dan jasa jasa PB b XII, lembaga dewan adat keraton mendorong pemerintah atau negara untuk memberikan gelar  pahlawan nasional kepada PB XII.

Related posts

Leave a Comment