You are here
Nasional News Pertanian 

Perkuat sektor pertanian mentan Syahrul yasin limpo siapkan 1 juta batang bibit kelapa genjah

SUKOHARJO – menteri pertanian syahrul yasin limpo (mentan syl), telah menyiapkan 1 juta batang kelapa ganjah untuk perkuat sektor pertanian menghadapi krisis pangan glogal dan ketahanan pangan. kelapa ganjah akan dikembangkan secara nasionalsebagai saah satu program unggulan mentang.
mentan syl mendatangi lokasi tempat mengembangan kelapa gajah, di desa senggang, kecamatan bulu, kabupaten Sukoharjo, jawa tengah.  mentan mengajak jajarannya untuk mengecek langsung lokasi yang akan dijadikan tempat pengembangan kelapa genjah, sebagai implementasi  program strategis kementan.
di wilayah solo raya, kabupaten Sukoharjo, dipilih menjadi tempat pengembangan kelapa gajah, selain kabupaten boyolali dan Karanganyar, yang nantinya diharapkan menjadi salah satu sentra produksi kelapa ganjah, yang diproyeksikan mampu menunjang ketahanan pangan sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat.
menurut menteri syl, program pengembangan kelapa ganjah 1 juta batang secara nasional, merupakan arahan presiden joko widodo, dalam meningkatkan produktivitas pertanian.
saat ini mentan syl, terus mengecek kesiapan, baik kesiapan lokasi maupun kesiapan benih, sampai dimulainya pencanangan penanaman kelapa genjah 1 juta batang yang akan dilakukan langsung presiden joko widodo dalam beberapa waktu ke depan.
pengembangan kelapa ganjah secara nasional 2022-2023 ini cukup strategis, dalam upaya memperkuat sektor pertanian sebagai bantalan perekonomian menghadapi krisis pangan global dan memperkuat ketahanan pangan sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat.
di sukoharjo sendiri, telah disiapkan lahan 1.000 hektare dari 10 ribu kepala keluarga. calon petani, calon lahan penerima bantuan, stok benih kelapa, semuanya sudah siap, semuanya sudah tersebar di lokasi dan  siap ditanam dalam pencanangan nantinya.
konsep pengembangan kelapa genjah, penanamannya dilakukan di pekarangan sebanyak 60% dan kawasan atau hamparan 40%. kementan saat ini telah menyiapkan pengembangan kelapa genjah 200 ribu batang di solo raya yang meliputi kabupaten sukoharjo sebanyak 83 ribu batang, karanganyar 59 ribu batang, dan boyolali 58 ribu batang secara bertahap di tahun 2022 hingga 2023.

Related posts

Leave a Comment