You are here
Budaya News 

Peringatan berdirinya keraton kasunan Surakarta dan bergabungnya dengan NKRI

SOLO (LN) – Ratusan abdi dalem dan sentono dalem hingga kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengikuti upacara wilujengan. Yang digelar di Sasana Sumewa, sekaligus peringatan 75 tahun Kraton Solo dan Pura Mangkunegaran bergabung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam peringatan berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta. Yang genap berusia 275 tahun (hitungan tahun masehi) atau perhitungan tahun Jawa kalender Sultan Agung genap 283 tahun, sabtu(05/09/20) digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, lantaran masih di tengah pendemi Covid-19, pihak panitia menyediakan tempat cuci tangan sebelum masuk sasana juga ada cek suhu tubuh.

Direktur Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Kasunanan Surakarta(LHKS) KPH Eddy Wirabhumi, “1 september merupakan hari bersejarah bagi Kraton Kasunanan dan Mangkunegaran. Saat itu Sinuhun Paku Buwono XII dan Mangkunegaran (MN) VIII mengakui kedaulatan Republik Indonesia. Dan Karaton Kasunanan menjadi Karaton pertama di Nusantara yang mengakui dan bergabung dengan Repubkik Indonesia,” ungkapnya.

Dengan menggunakan busana Jawa menggelar acara syukuran dan doa bersama di Sasana Sumewa Karaton Kasunanan Surakarta kemudian di akhiri dengan pembagian bubur suro.

Related posts

Leave a Comment