You are here
News 

Gubernur Ganjar Pranowo galakkan penanaman pohon dihutan lawu

KARANGANYAR (LN) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggalakkan penanaman pohon di lereng lawu, lereng lawu Karanganyar merupakan ikon sumber mata air yang dikonsumsi diberbagai wilayah sekitar kawasan Karanganyar.

Menurut Ganjar hutan lawu harus dijaga kelangsungan hidupnya untuk kehidupan anak cucu.

“Mulai hari ini sampai Maret (2020), gerakan menanam harus ditingkatkan di kawasan-kawasan ini. Gandeng seluruh masyarakat dan komunitas demi kelangsungan hidup dan anak cucu,” katanya.

Menurutnya, pengembangan di kawasan lereng Lawu tidak boleh terlalu padat dan terlalu masif, dan pemerintah diminta untuk senantiasa mengontrol bangunan-bangunan yang ada.

“Puncak Bogor itu harus menjadi pelajaran buat kita. Tawangmangu tidak boleh terjadi. Maka pengelolaan tata ruang, amdal, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi sangat penting, termasuk edukasi. Saya ingatkan, biasanya tata ruang itu bisa dinegosiasikan dengan tata uang. Hati-hati betul soal ini,” tegasnya.

Menurut Sugi Purwanta sebagai Administratur KPH Surakarta Rehabilitasi Hutan Lindung (RHL) merupakan tugas dari Kementerian kepada KPH Surakarta yang sudah dilaksanakan, sedangkan tahun 2019 kemarin sudah melaksanakan penanaman 3520 hektare dengan jumlah bibit 1,9 juta dengan berbagai macam jenis bibit.

“Perhutani KPH Surakarta sudah sesuai dengan prosedur yang ada, menanam harus dengan aturan, dengan rencana dan ada evaluasi, selain itu dalam penebangan hutan sesuai yang kita tebang seandainya kita tebang jumlah satu juta ya kita tanam sesuai jumlah yang ditebang, ” ungkapnya.

Related posts

Leave a Comment