You are here
Ekonomi dan Bisnis News 

Presiden joko widodo hadiri rapimnas kadin 2018 di solo

SOLO (LN) – Dalam rapimnas kadin 2018 di tutup oleh presiden Jokowi. Dalam penutupan KADIN 2018 Jokowi memberikan pemaparan bahwa Presiden Jokowi berasal dari keluarga UMKM begitu juga dengan keluarga yang jualan martabak Jokowi juga mengajak peningkatan UMKM karena UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam pemerataan ekonomi masyarakat.
Berbeda dengan perusahaan besar, UMKM memiliki lokasi di berbagai tempat. Termasuk di daerah yang jauh dari jangkauan perkembangan zaman sekalipun.
Keberadaan UMKM di 34 provinsi yang ada di Indonesia tersebut memperkecil jurang ekonomi antara yang miskin dengan kaya. Selain itu, masyarakat kecil tak perlu berbondong-bondong pergi ke kota untuk memperoleh penghidupan yang layak.
Peran UMKM berikutnya yang tidak kalah penting adalah, memberikan pemasukan bagi negara dalam bentuk devisa. Saat ini, UMKM Indonesia memang sudah sangat maju. Pangsa pasarnya tidak hanya skala nasional, tapi internasional.
Data dari Kementerian Koperasi dan UKM di tahun 2017 menunjukkan tingginya devisa negara dari para pelaku UMKM. Angkanya pun sangat tinggi, mencapai Rp88,45 miliar.
Angka ini mengalami peningkatan hingga delapan kali lipat dibandingkan tahun 2016.
Dengan tiga peran yang dimilikinya tersebut, tidak salah kalau para pelaku UMKM tak bisa dipandang sebelah mata.

Related posts

Leave a Comment