You are here
Hiburan Nasional 

Pengiring prosesi pernikahan Kahyang Ayu menggunakan adat Jawa

SOLO (LN) – Presiden Joko Widodo memilih gamelan dari ISI Solo dalam pernikahan Kahyang Ayu dengan Bobby Nasution di Gedung Graha Saba Buana Sumber, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (8/11/2017), mendatang.

Keluarga Presiden Jokowi tidak sembarangan memilih pemain gamelan. Tim penabuh gamelan dipilih dari Institut Seni Indonesia, Solo. Penabuh gamelan dibawah pimpinan Pranata Laboran Pendidikan Jurusan Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI, Guntur Sulistiyono.

Guntur mengatakan ada empat tarian dan dua tim gamelan dalam pernikahan Ayang dab Bobby di Graha Saba Buana. Empat tarian terdiri dari dua untuk menyambut tamu undangan siang hari dan dua tarian pada malam hari.

 “Semua tarian ini adalah tradisi. Apabila dibutuhkan untuk garapan baru kita minta waktu untuk latihan sebelum hari H-nya nanti,” kata Guntur di Solo.

Meski demikian, Guntur mengaku masih menunggu konsep dan arahan dari Gibran Rakabuming Raka yang merupakan juru bicara keluarga Presiden Jokowi.

“Misal pentasnya pakai garapan baru, ya akan saya siapkan. Saya butuh latihan. Lha untuk tradisi kita nggak perlu latihan,” katanya.

“Paling nanti cukup satu kali untuk cek panggung sama cek untuk gamelan kita sesuaikan dengan tarinya. Karena kita profesional,” Guntur menambahkan.

Disebutkan, keempat tarian yang akan disajikan pada saat prosesi resepsi pernikahan Ayang dan Bobby, antara lain Tri Asmoro, Langen Asmoro, Srimpi Gondokusumo dan Srimpi Jaya Ningsih.

Related posts

Leave a Comment