You are here

Mau Nyalon Gubernur Jateng 2018, Ini Tahapan di PDIP

SEMARANG (LN), Menjelang dimulainya tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah periode 2018-2023, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) segera membuka pendaftaran. Pendaftaran dilakukan secara terbuka, semua orang baik kader maupun bukan diperolehkan untuk mendaftar.
Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto menjelaskan pendaftaran akan dibuka usai lebaran ini. Namun belum diputuskan kapan pendaftaran akan dimulai. “Pendaftaran akan segera dibuka. Lha kapan? Tunggu pengumuman resminya,” kata pria yang akra di sapa Bambang Pacul ini.
Penjaringan bakal calon, lanjut Sekretaris Fraksi PDIP di DPR RI ini, memang lebih lambat dibanding penjaringan yang telah dilakukan DPD PDIP Jawa Timur dan Jawa Barat. Memiliki petahana gubernur dan wakil serta bermodal 27 kursi di DPRD Jateng membuat DPD PDIP Jateng lebih leluasa mengatur strategi. PDIP menjadi satu-satunya parpol di Jateng yang bisa mengusung pasangan calon sendiri tanpa berkoalisi. Meski demikian, PDIP membuka diri untuk berkoalisi dengan parpol lain.
pendaftaran ini untuk menjaring calon-calon potensial yang diusung menjadi cagub maupun cawagub Jateng periode 2018-2023. Pendaftaran dengan sistem terbuka maksudnya setiap DPC PDIP di Jateng boleh mengusulkan nama-nama calon potensial. Termasuk gubernur petahana maupun masyarakat umum yang tertarik untuk nyalon di PDIP bisa ikut mendaftar.
Berbeda dengan sistem tertutup, pengurus DPD akan mendatangi sejumlah tokoh yang berpotensi diusung dalam pertarungan Pilgub nanti. Dilakukan semacam diskusi dan hasilnya dilaporkan ke DPP.
Dalam penjaringan terbuka, semua pendaftar akan mengikuti tes wawancara. Selanjutnya semua  nama diserahkan ke DPP. Pasangan calon yang akan memperoleh rekomendasi ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (sp)

Related posts

Leave a Comment