You are here
Nasional 

Antisipasi rumah kosong, Sat-Binmas gelas Apel

SOLO (LN) – Mengantisipasi pencurian rumah kosong (rumsong) yang ditinggal mudik oleh pemiliknya, Sat-Binmas Polresta Solo mengumpulkan seluruh ketua Pos Keamanan Keliling (Kamling) di tiap kelurahan di Kota Solo. Selain itu, Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah mereka masing-masing juga turut diberi pengarahan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

“Kami berupaya mengumpulkan seluruh ketua Pos Kamling di Kota Solo ini untuk diberi pengarahan terkait menjaga keamanan lingkungan. Apalagi, sebentar lagi banyak rumah kosong yang ditinggal oleh pemiliknya,” terang Kasat Sabhara Polresta Solo, Kompol Harmono, Kamis (15/6) siang.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan patroli rutin ke wilayah yang dicurigai rawan terjadi tindak pencurian. Sehingga, dapat menekan angka kejahatan di wilayah tersebut.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, lebih baik kawasan mereka diberi portal sehingga pintu masuk hanya ada satu dan memudahkan pengawasan,” jelasnya.

Sementara, Bhabinkamtibmas yang berada di wilayah yang menjadi tugas dan tanggung jawab mereka diberikan tugas untuk melakukan patroli rutin dengan menyambangi ketua RT atau RW di wilayah mereka. Sehingga, dengan dijalinnya hubungan komunikasi secara langsung dapat mengetahui informasi yang berkembang di masyarakat.

“Ini fungsi Bhabin (Bhabinkamtibmas-red), agar menyerap segala informasi untuk mencegah kejahatan terjadi di lingkungan tempat mereka tinggal,” katanya.

Related posts

Leave a Comment