You are here
Perekonomian 

May Day, ribuan Buruh ikuti jalan sehat bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

SOLO (LN) – Gubernur, Pangdam dan Kapolda Jateng Jalan Kaki bersama Ribuan Buruh di Karanganyar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono berbaur bersama ribuan buruh yang melaksanakan longmarch dalam rangka May Day di Karanganyar, Senin (01/05/2017).
Sebanyak 3.000 orang buruh  mengikuti gerak jalan dari Alun-alun Kabupaten Karanganyar ke Taman Pancasila dan kembali ke alun-alun.
Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak SIK, MSi , menyampaikan bahwa Polres Karanganyar menurunkan 1000 personil pengamanan gabungan.
“Kegiatan itu harus jadi wisata demokrasi yang enak ditonton. Jadi role model. Pengamanan yang ketat, jangan diartikan membatasi aktivitas. Kehadiran kami ingin menjamin keamanan dan ketertiban,” tutur Kapolres di lokasi acara.

Semuanya perlu duduk di satu meja, berbicara berbagai masalah termasuk soal buruh, upah, dan lainnya. Dengan cara dialog, semua akan terselesaikan dengan baik. Daripada menggelar demo, membentangkan spanduk aneka macam, yang justru tidak akan bisa menyelesaikan persoalan dan merepotkan semua saja.

Dikatakannya, secara umum adanya kenaikan upah buruh diharapkan bisa membawa kesejahteraan yang semakin baik. Namun demikian, diingatkan konsekuensinya ketika upah naik, maka buruh dituntut meningkat pula produktifitasnya, agar perusahaan juga semakin baik kondisinya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar sempat mengajak dialog buruh. Salah satu wakil buruh Suwarni dari Bengawanteks meminta ada perhatian kepada karyawan kontrak dan outsourcing. Di berbagai perusahaan di Indonesia, kondisinya sama. Masih banyak dan belum diangkat karyawan.

‘’Kami meminta ak Gubernur bisa ikut berbicara dengan perusahaan agar segera mengangkat karyawan tetap para buruh kontrak dan outsourcing, agar nasibnya semakin jelas. Kalau kontrak, setiap saat mereka bisa saja di-PHK oleh perusahaan,’’ kata dia.

Gubernur langsung meminta Edy Darmawan, Ketua Apindo Karanganyar untuk menjawab pertanyaan buruh tersebut. Edy mengatakan, sebetulnya semua perusahaan pasti sudah memiliki program tentang karyawan.

Related posts

Leave a Comment