You are here
Tips 

BIARKAN WARNA BERBICARA

WAOW…Indahnya Pemandangan ini..
CIHUI….bunga-bunga bermekaran..warna warni..Indahnya.!

Mungkin itu adalah contoh perasaan ketika kita melihat berbagai warna yang berpadu serasi di alam ini, dunia yang diciptakan Tuhan khusus untuk kita agar kita dapat mencicipi indahnya surga.

Tahukah teman, alam di sekitar kita menyajikan warna-warni yang sangat kaya. Warna sebuah benda di alam akan dipersepsi berbeda seiring dengan perubahan lingkungan di sekitarnya. Suasana hati seseorang, senang, sedih, muram, gelisah, bisa terpengaruh dengan adanya warna yang tertangkap oleh indera penglihatan. Untuk itulah warna dipelajari.

Konon warna memiliki korelasi dengan karakter seseorang. Warna kamar cowok akan berbeda dengan warna kamar cewek (kalau sama berarti dia sedang di asrama-red), Rumah kita pun biasanya memakai permainan dominasi warna untuk menunjukkan suasana atau karakter si penghuninya. Sehingga sebuah institusi bisnis biasanya mempunyai corporate color, sebuah negara juga memiliki color of nation yang umumnya tercermin pada bendera nasional mereka. Demikian pula partai-partai politik menggunakan simbol-simbol warna untuk menunjukkan identifikasi dan eksistensi di benak para pengikutnya.

Warna-warni Crayon yang sangat kaya

Orang menyebut dengan istilah psikologi warna untuk meng-artikulasi persepsi manusia terhadap warna yang terlihat oleh mata. Setiap warna akan memberikan kesan dan kemudian dipersepsikan secara unik oleh pikiran orang yang sedang melihatnya. Demikian pula warna-warna alam yang ada di sekeliling kita, seakan mampu berbicara dan mempengaruhi suasana hati seseorang.

Darwis Triadi, seorang fotografer terkenal di negeri ini di dalam bukunya “Color Vision” mengungkapkan bahwa: “Warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup. Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan.”

Ahli fisiologi dan psikologi menjelaskan ada empat warna primer : merah, hijau, kuning dan biru. Setiap warna mempunyai karakter atau sifat yang berbeda-beda. Sejak dahulu warna diketahui mempunyai pengaruh terhadap manusia. Konon warna-warna yang ada di alam, mampu memunculkan persepsi psikologis yang unik sebagai berikut:

1. Warna Merah
Merah adalah warna api, mentari pagi, dan warna darah.
Memberi kesan kehangatan, bahagia, keberanian, semangat, kekuatan, kegairahan, tanda peringatan (berhenti untuk traffic light). Warna ini melambangkan keadaan psikologi yang mengurangkan tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan. Warna ini mempunyai pengaruh produktiviti, perjuangan, persaingan dan keberanian.
2. Merah Terang :
Warna ini melambangkan kekuatan kemahuan atau cita-cita. Sifatnya : Agresif, Aktif, Eksentrik. Pengaruhnya : Berkemahuan keras, penuh gairah, dominasi, jantan.

3. Warna Pink
Pink adalah warna yang melambangkan cinta, romantisme dan eksentrik.
Warna pink sering dipersepsi warna wanita atau feminim. Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka.

4. Warna Orange (Kombinasi merah dengan kuning)
Orange melambangkan keceriaan, kehangatan, persahabatan, optimisme.
Warna ini memiliki daya tarik yang kuat, karena mampu merangsang pandangan mata.

5. Warna Biru
Biru adalah warna langit dan laut.
Memberi kesan, dan menenangkan fikiran. Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan luas pada ruangan , kesejukan, dingin damai, menenangkan fikiran, tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme.
6. Biru Tua
Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam. Sifatnya : Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif. Pengaruhnya : Tenang, Bijaksana, Tidak Mudah Tersinggung, Ramai kawan.
7. Biru Muda
Warna ini melambangkan keanjalan dari cita-cita. Sifatnya : Bertahan, Protektif, Tidak Berubah fikiran. Pengaruhnya : Keras Kepala, Teguh, Sering Bangga Diri, Berpendirian tetap.
Respon Psikologi: Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan.

8. Warna Ungu (Perpaduan warna merah dan biru)
Ungu adalah warna bangsawan, aristokrat, kekuasaan, keagungan, keindahan dan kelembutan

9. Warna Kuning
Warna ini melambangkan kegembiraan, terang, cerah, bersinar, ketegasan. Menstimulus pandangan mata seperti warna jingga.. Warna ini mempunyai sifat : Leluasa dan santai, senang menunda-nunda masalah. Berubah-ubah tapi penuh harapan, mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi.
10. Kuning Terang
Warna ini melambangkan sifat spontan yang eksentrik. Sifatnya : Toleran, Investigatif, Menonjol. Pengaruhnya : Berubah-ubah sikap, berpengharapan, dermawan, tidak percaya.
Respon Psikologi: Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan.

11. Warna Hijau
Hijau merupakan representasi warna alam, dedaunan, kesegaran, relaksasi, harmoni, alami, sejuk. Warna ini melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan dan kekerasan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat : menenangkan, meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain. Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain.

12. Coklat
Warna coklat menumbuhkan kesan tua, sederhana, kaya, dan hangat.
Warna ini seringkali menunjukan ciri-ciri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan.
Respon Psikologi: Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan.

13. Warna Abu-abu
Kesan yang ditimbulkan warna ini adalah ketenangan, keteduhan, elegan.
Warna abu-abu mudah dikombinasikan dengan berbagai macam warna lain, karena tidak bersifat kontras.

14. Warna hitam
Hitam mengandung kesan misteri, kegelapan, independen, dramatis, juga berkesan sunyi.
Hitam adalah warna tegas, solid, dan kuat.

15. Warna Krem
Warna krem merepresentasikan kelembutan dan klasik.

16. Warna Silver
Warna ini menciptakan kesan glamour, mahal, dan kemilau sesuai dengan karakter silver atau perak.

17. Warna Emas
Warna emas memberi kesan kemakmuran, aktif, dan dinamis

18. Putih
Rohani termotivasi; saluran rohani; luas; doa; keluar dari tubuh perjalanan; kesatuan.
Putih telah lama dianggap sebagai warna dalam spiritualitas dan pencerahan. Ini mewakili semua warna. Orang dengan banyak putih di aura mereka sering bosan dengan rincian kehidupan duniawi dan mungkin tampak eksentrik atau aneh bagi mereka dengan lebih banyak warna fisik.Putih dapat menunjukkan kemampuan rohani yang kuat, terutama sebagaisaluran untuk semangat panduan, dan sebagai pemimpin rohani. Ini juga dapat menunjukkan bunglon seperti kepribadian. Pelaku sering memiliki warnaini dalam aura mereka, dan hal itu menunjukkan kemampuan mereka untuk “saluran” karakter yang berbeda untuk setiap peran yang mereka mainkan.

Ada berjuta warna di dunia, rasanya mustahil kita memberi nama setiap warna yang ada. Jenis warna yang mudah dikenali dan sangat familier adalah warna pelangi: mejikuhibiniu. Atau benda-benda yang sudah identik dengan warna, misalnya pohon coklat, jeruk orange, logam perak, logam emas, kuning telur, kuning gading, lavender, lembayung, dan sebagainya. Ada pula nama warna yang kurang familiar. Kemungkinan besar anda jarang mendengar warna seperti: teal, fushia, olive, lime, aqua, turquoise, begie, celadon, taupe, pirus dan lain-lain. Kecuali anda sedang berada di sebuah show room mobil, dan anda sedang membaca brosur pilihan warna cat mobil yang sering menggunakan nama warna yang kurang familier seperti ini.
Psikologi warna, bisa pula di terapkan pada screen wallpaper di perangkat komputer yang dipakai sehari-hari. Wallpaper bisa dimanfaatkan untuk memberi kesan sesuai dengan suasana yang ingin di ciptakan. Kombinasi warna-warna tertentu pada gambar sebuah wallpaper bisa memberikan tambahan motivasi saat sedang bekerja. Di artikel lain, saya telah menulis tentang Wallpaper Sebagai Pengingat Visual.

Dalam kehidupan manusia, warna merupakan unsur yang sangat penting. Bayangkan saja, bila di dunia ini hanya terdiri dari satu warna saja atau malah gelap sama sekali. Betapa membosankan bukan? Seperti fungsinya dalam kehidupan nyata, warna dalam mimpi juga mempunyai arti dan simbol-simbol tersendiri. Warna apa yang paling dominan di mimpi Anda?

By ummu on May 3, 2016

Related posts

Leave a Comment